Marketing Mix ( Bauran Pemasaran)
Bauran pemasaran(Marketing mix)adalah variabel-variabel yang dapat
dikendalikan oleh perusahaan,adapun strategi bauran pemasaran itu adalah:
A. Strategi produk
Produk adalah suatu yang dapat memenuhi
kebutuhan dan keinginan konsumen. Menurut Philip kotler produk itu merupakan
suatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian untuk
dibeli,untuk digunakan atau dikonsumsi yang dapat memenuhi keinginan dan
kebutuhan.Produk dapat berupa barang seperti: buku,meja, kursi, rumah, dan
mobil.
B. Strategi harga
Harga merupakan salah satu aspek penting dalam kegiatan marketing mix.
Harga adalah sejumlah uang yang diserahkan dalam pertukaran untuk mendapatkan
suatu barang atau jasa. Penentuan harga menjadi sangat penting untuk
diperhatikan,karena harga merupakan salah satu penyebab laku tidak lakunya
produk yang ditawarkan.
Langkah-langkah yang perlu ditempuh dalam menetapkan harga yang tepat
terhadap suatu produk adalah:
1. Menentukan tujuan penerapan harga,
2. Memperkirakan permintaan, biaya dan laba
3. Memilih strategi harga untuk membantu menentukan harga dasar
4. Menyesuaikan harga dasar dengan taktik penetapan harga.
Adapun tujuan penentuan
harga secara umum adalah :
a.
Untuk
bertahan hidup
b.
Untuk
memaksimalkan laba
c.
Untuk
memperbesar market share
d.
Mutu
produk
e.
Karena
pesaing
Ada tiga strategi dasar
dalam penetapan harga yaitu:
a.
Skimming
pricing, yaitu harga awal produk yang ditetapkan setinggi-tingginya dengan
tujuan bahwa produk atau jasa memiliki kualitas tinggi
b.
Penetration
pricing, yaitu dengan menetapkan harga yang serendah mungkin dengan tujuan
untuk menguasai pasar
c.
Status
quo pricing, yaitu penetapan harga status quo adalah harga yang ditetapkan
disesuaikan dengan harga pesaing.
C. Strategi lokasi dan distribusi
Penentuan lokasi dan distribusi beserta
sarana dan prasarana pendukung menjadi sangat penting,inidisebabakan agar
konsumen mudah menjangkau setiap lokasi yang ada serta mendistribusikan barang
atau jasa.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam
pemilihan dan penentuan lokasi adalah dengan pertimbangan sebagai berikut:
1. Dekat dengan kawasan industry
2. Dekat dengan lokasi perkantoran
3. Dekat dengan lokasi pasar
4. Dekat dengan pusat pemerintahan
5. Dekat dengan lokasi perumahan atau masyarakat
6. Mempertimbangkan jumlah pesaing yang ada disuatu lokasi
7. Sarana dan prasarana (jalan,pelabuhan dan listrik).
Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi distribusi adalah:
1. Pertimbangan pembeli atau faktor pasar
Karakteristik pelanggan memengaruhi
keputusan apakah menggunakan suatu pendekatan sistribusi langsung. Perusahaan
haris mempertimbangkan jumlah dan frekuensi pembeli.
2. Karakteristik produk
Produk yang kompleks dibuat khusus dan hal cenderung
menggunakan saluran distribusi yang pendek dan langsung.contohnya, alat
kedokteran.
3. Faktor produsen atau pertimbangan pengawasan dan keuangan
Prodesen yang memiliki sumber daya keuangan, manajerial dan masaran yang
besar dapat lebih baik menggunakan saluran langsung.
D. Strategi promosi
Promosi merupakan kegiatan marketing mix yang terahir.kegiatan ini
merupakan kegiatan yang sama pentingnya dengan ketiga kegiatan diatas, baik
produk, harga, dan distribusi.
Promosi jaga merupakan sarana yang paling ampuh untuk menarik dan
mempertahankan konsumennya. Salah satu tujuan promosi perusahaan adalah
menginformasikan segala jenis produk yang ditawarkan dan berusaha menarik calon
konsumen yang baru.
Ada empat macam sarana promosi yaitu:
1. Periklanan (advertising)
2. Promosi penjualan (sales promotion)
3. Publisitas (publicity)
4. Penjualan pribadi (personal selling)
Iklan adalah sarana
promosi yang digunakan oleh perusahaan guna menginformasikan, menarik dan
memengaruhi calon konsumennya. Penggunaan promosi dengan iklan dapat dilakukan
dengan berbagai media seperti:
1. Pemasangan billboard di jalan-jalan stretegi
2. Pencetakan brosur baik disebarkan disetiap cabang atau pusat-pusat
perbelanjaan
3. Pemasangan spanduk di lokasi tertentu yang strategi
4. Pemasangan iklan melalui Koran
5. Pemasangan iklan melalui majalah
6. Pemasangan iklan melalui radio
7. Dan menggunakan media lainnya
E.
Contoh Marketing Mix pada Pusat Informasi
Pada contoh berikut ini penulis akan mengangkat
sebuah tema tentang Library Shoping.
Library Shoping itu merupakan sebuah gedung perpustakaan yang terletak di Jln.
M. Hatta No 1 Anduring, Padang. Alasan penulis mendirikan Perpustakaan di
daerah tersebut karena daerah tersebut sangat stategis dan mudah di jangkau
oleh Pelajar,Mahasiswa, dan Masyarakat umum. Library Shoping merupakan sebuah
gedung perpustakaan yang memiliki dua ruang yang di Desain khusus untuk dua model
layanan perpustakaan, yaitu Peminjaman dan Penjualan. Pada ruang Shoping
menyediakan Buku-buku Fiksi seperti, Novel dan Komik untuk dijual. Sementara di
ruang Library melayani jenis buku
bacaan yang disuguhkan Library adalah buku-buku pelajaran untuk pelajar,
buku-buku referensi yang dibutuhkan mahasiswa, majalah-majalah ilmiah serta
aneka koleksi fiksi seperti novel-novel dari penulis ternama di Indonesia dan
aneka komik mulai dari komik Indonesia hingga komik Jepan.
Jika pengunjung datang mengunjungi library shopping maka pengunjung akan disuguhkan oleh pemandangan indah.kalau diruang layanan kami akan bertemaka
flower yaitu diruangan ini kami akan memasang bunga-bunga agar pengunjung betah
dan nyaman berada disana. Kalau dibagian ruangan shoping kami memberikan desain
sesuai trend anak muda sekarang yaitu bertemakan korea agar anak-anak muda
berminat datang keperpustakaan kami.
Gedung perpustakaan ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap
seperti pendingin ruangan, meja baca yang tersusun dengan rapi.
Adapun harga yang kami tetapkan disini itu
tergantung dengan novelnya disini kami akan membuka harga mulai dari lima ribu
sampai dengan seratus ribu rupiah. Dalam melakukan promosi diperkenakan malalui
Pemasangan billboard di jalan-jalan stretegi, Pencetakan brosur baik disebarkan
disetiap cabang atau pusat-pusat perbelanjaan, Pemasangan spanduk di lokasi
tertentu yang strategi, Pemasangan iklan melalui Koran, Pemasangan iklan
melalui majalah, Pemasangan iklan melalui radio dan menggunakan media lainnya.