Selasa, 27 November 2012


Marketing Mix ( Bauran Pemasaran)
Bauran pemasaran(Marketing mix)adalah variabel-variabel yang dapat dikendalikan oleh perusahaan,adapun strategi bauran pemasaran itu adalah:
A.    Strategi produk
Produk adalah suatu yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Menurut Philip kotler produk itu merupakan suatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian untuk dibeli,untuk digunakan atau dikonsumsi yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan.Produk dapat berupa barang seperti: buku,meja, kursi, rumah, dan mobil.
B.   Strategi harga
Harga merupakan salah satu aspek penting dalam kegiatan marketing mix. Harga adalah sejumlah uang yang diserahkan dalam pertukaran untuk mendapatkan suatu barang atau jasa. Penentuan harga menjadi sangat penting untuk diperhatikan,karena harga merupakan salah satu penyebab laku tidak lakunya produk yang ditawarkan.
Langkah-langkah yang perlu ditempuh dalam menetapkan harga yang tepat terhadap suatu produk adalah:
1.      Menentukan tujuan penerapan harga,
2.      Memperkirakan permintaan, biaya dan laba
3.      Memilih strategi harga untuk membantu menentukan harga dasar
4.      Menyesuaikan harga dasar dengan taktik penetapan harga.
  Adapun tujuan penentuan harga secara umum adalah :
a.       Untuk bertahan hidup
b.      Untuk memaksimalkan laba
c.       Untuk memperbesar market share
d.      Mutu produk
e.       Karena pesaing
   Ada tiga strategi dasar dalam penetapan harga yaitu:
a.       Skimming pricing, yaitu harga awal produk yang ditetapkan setinggi-tingginya dengan tujuan bahwa produk atau jasa memiliki kualitas tinggi
b.      Penetration pricing, yaitu dengan menetapkan harga yang serendah mungkin dengan tujuan untuk menguasai pasar
c.       Status quo pricing, yaitu penetapan harga status quo adalah harga yang ditetapkan disesuaikan dengan harga pesaing.


C.  Strategi lokasi dan distribusi
Penentuan lokasi dan distribusi beserta sarana dan prasarana pendukung menjadi sangat penting,inidisebabakan agar konsumen mudah menjangkau setiap lokasi yang ada serta mendistribusikan barang atau jasa.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan dan penentuan lokasi adalah dengan pertimbangan sebagai berikut:
1.      Dekat dengan kawasan industry
2.      Dekat dengan lokasi perkantoran
3.      Dekat dengan lokasi pasar
4.      Dekat dengan pusat pemerintahan
5.      Dekat dengan lokasi perumahan atau masyarakat
6.      Mempertimbangkan jumlah pesaing yang ada disuatu lokasi
7.      Sarana dan prasarana (jalan,pelabuhan dan listrik).

Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi distribusi adalah:
1.      Pertimbangan pembeli atau faktor pasar
Karakteristik pelanggan memengaruhi keputusan apakah menggunakan suatu pendekatan sistribusi langsung. Perusahaan haris mempertimbangkan jumlah dan frekuensi pembeli.


2.      Karakteristik produk
Produk yang kompleks dibuat khusus dan hal cenderung menggunakan saluran distribusi yang pendek dan langsung.contohnya, alat kedokteran.
3.      Faktor produsen atau pertimbangan pengawasan dan keuangan
Prodesen yang memiliki sumber daya keuangan, manajerial dan masaran yang besar dapat lebih baik menggunakan saluran langsung.

D.  Strategi promosi
Promosi merupakan kegiatan marketing mix yang terahir.kegiatan ini merupakan kegiatan yang sama pentingnya dengan ketiga kegiatan diatas, baik produk, harga, dan distribusi.
Promosi jaga merupakan sarana yang paling ampuh untuk menarik dan mempertahankan konsumennya. Salah satu tujuan promosi perusahaan adalah menginformasikan segala jenis produk yang ditawarkan dan berusaha menarik calon konsumen yang baru.
Ada empat macam sarana promosi yaitu:
1.      Periklanan (advertising)
2.      Promosi penjualan (sales promotion)
3.      Publisitas (publicity)
4.      Penjualan pribadi (personal selling)
            Iklan adalah sarana promosi yang digunakan oleh perusahaan guna menginformasikan, menarik dan memengaruhi calon konsumennya. Penggunaan promosi dengan iklan dapat dilakukan dengan berbagai media seperti:
1.      Pemasangan billboard di jalan-jalan stretegi
2.      Pencetakan brosur baik disebarkan disetiap cabang atau pusat-pusat perbelanjaan
3.      Pemasangan spanduk di lokasi tertentu yang strategi
4.      Pemasangan iklan melalui Koran
5.      Pemasangan iklan melalui majalah
6.      Pemasangan iklan melalui radio
7.      Dan menggunakan media lainnya

E. Contoh Marketing Mix pada Pusat Informasi
Pada contoh berikut ini penulis akan mengangkat sebuah  tema tentang Library Shoping. Library Shoping itu merupakan sebuah gedung perpustakaan yang terletak di Jln. M. Hatta No 1 Anduring, Padang. Alasan penulis mendirikan Perpustakaan di daerah tersebut karena daerah tersebut sangat stategis dan mudah di jangkau oleh Pelajar,Mahasiswa, dan Masyarakat umum. Library Shoping merupakan sebuah gedung perpustakaan yang memiliki dua ruang yang di Desain khusus untuk dua model layanan perpustakaan, yaitu Peminjaman dan Penjualan. Pada ruang Shoping menyediakan Buku-buku Fiksi seperti, Novel dan Komik untuk dijual. Sementara di ruang Library melayani jenis buku bacaan yang disuguhkan Library adalah buku-buku pelajaran untuk pelajar, buku-buku referensi yang dibutuhkan mahasiswa, majalah-majalah ilmiah serta aneka koleksi fiksi seperti novel-novel dari penulis ternama di Indonesia dan aneka komik mulai dari komik Indonesia hingga komik Jepan.
Jika pengunjung datang mengunjungi library shopping maka pengunjung akan disuguhkan oleh pemandangan indah.kalau diruang layanan kami akan bertemaka flower yaitu diruangan ini kami akan memasang bunga-bunga agar pengunjung betah dan nyaman berada disana. Kalau dibagian ruangan shoping kami memberikan desain sesuai trend anak muda sekarang yaitu bertemakan korea agar anak-anak muda berminat datang keperpustakaan kami. Gedung perpustakaan ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap seperti pendingin ruangan, meja baca yang tersusun dengan rapi.
Adapun harga yang kami tetapkan disini itu tergantung dengan novelnya disini kami akan membuka harga mulai dari lima ribu sampai dengan seratus ribu rupiah. Dalam melakukan promosi diperkenakan malalui Pemasangan billboard di jalan-jalan stretegi, Pencetakan brosur baik disebarkan disetiap cabang atau pusat-pusat perbelanjaan, Pemasangan spanduk di lokasi tertentu yang strategi, Pemasangan iklan melalui Koran, Pemasangan iklan melalui majalah, Pemasangan iklan melalui radio dan menggunakan media lainnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar