CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT
(MANAJEMEN
HUBUNGAN PELANGGAN)
A.
Pengertian Costomer Relationship Management
Salah satu upaya
pelaku bisnis dalam memenangkan persaingan adalah dengan melakukan strategi
merangkul pelanggan atau yang lebih dikenal dengan Costomer Relationship
Management.
Menurut para
ahli bahwa Costomer Relationship Management adalah:
1.
Menurt Brown mengungkapkan bahwa
Costomer Relationship Management Merupakan suatu
proses mendapatkan, mempertahankan, dan mengembangkan pelanggan yang menguntungkan.
CRM memerlukan suatu focus yang jelas terhadap artibut suatu jasa yang dapat
menghasilkan nilai kepada pelanggan sehingga dapat menghasilkan loyalitas. Jadi
disini CRM bukanlah suatu konsep atau proyek, melainkan suatu strategi bisnis yang bertujuan untuk memahami,
mengantisipasi dan mengelola kebutuhan pelanggan yang ada dan pelanggan
potensional dari suatu organisasi.
Costomer Relationship Management merupakan suatu
perjalanan suatu perjalanan stratejik, proses, serta perubahan organisasi secara
dan teknis dimana perusahaan berusaha untuk mengelola seputar prilaku pelanggan
organisasi secara lebih baik.
2.
Menurut Storbacka
Costomer
Relationship Management
merupakan hubungan yang kooperatif antara provider dengan pelanggan sehingga
kedua belah pihak sama-sama untung dan akhirnya dapat meningkat nilai mereka.
Konsep utama
dari Costomer Relationship Management adalah penciptaan nilai pelanggan
yang bertujuan tidak hanya untuk memaksimalkan pendapat dari transaksi tunggal,
melainkan keunggulan bersaing yang tidak hanya berdasarkan harga, tetapi juga
berdasarkan kemampuan provider untuk membantu pelanggan menghasilkan nilai
untuk mereka sendiri dan untuk membina hubungan jangka panjang dengan
pelanggan.
Konsep kedua
adalah dengan melihat produk sebagai suatu proses. Dalam hal ini perbedaan
antara barang dan jasa yang terdapat dalam pemikiran tradisional tidak berarti
lagi. Produk terlihat sebagai suatu entitas yang mencakup pertukaran antar
proses yang dijalankan provider dengan proses yang dijalankan pelanggan. Dengan
pertukaran ini, kompetensi provider sebagian dipindahkan kedalam penciptaan
nilai pelanggan. Karena itu diferensiasi produk menjadi diferensisasi proses
sehingga membuka peluang tak terbatas yang manghasilkan berbagai macam
hubungan.
Konsep ketiga
adalah tanggungjawab provider suatu perusahaan dapat membina hubungan yan g
lebih kuat hanya jika perusahaan bertanggung jawab dalam membangun hubungan
tersebut dan menawarkan para pelanggannya untuk menghasilkan nilai-nilai untuk
mereka sendiri.
Costomer
Relationship Management
merupakan kombinasi dari proses bisnis dan teknologi yang tujuannya untuk
memahami pelanggan dari berbagai prospektifuntuk membedakan produk dan jasa
perusahaan secara kompetitif.
Fokus dari CRM
itu sendiri adalah memperbaiki tingkat kepuasan pelanggan, meningkatkan
loyalitas pelanggan, dan meningkatkan pendapatan dari pelanggan yang ada, dalam
menghadapi tingginya tingkat persaingan,globalisasi dan perputaran pelanggan
serta perkembangan biaya pengakuisisian.
3.
Menurut Nykamp
CRM sebagai suatu focus dalam menghasilkan nilai
optimal bagi para pelanggan melalui bagaiman cara perusahaan berkomunikasi
dengan pelanggan, bagaimana perusahaan memasarkannya, dan bagaimana perusahaan
melayani mereka, serta melalui media tradisonal yang meliputi produk
harga,promosi dan distribusi. Dapat dilihat pada gambar 1 berikut ini.
|
![]() |
|
||||||||||||||||||
|
![]() |
|
Pelanggan melakukan keputusan pembelian tidak hanya
berdasarkan harga dan produknya saja, tetapi berdasarkan keseluruhan pengalaman
mereka yang mencakup produk dan harga serta seluruh interaksi mereka dengan
perusahaan. Jika perusahaan dapat menyampaikan interaksi pemasaran, penjualan,
jasa, serta dukungan secara konsistem maka perusahaan akan diberikan
penghargaan berupa loyaritas pelanggan dan nilai pelanggan, hal yang sangat
penting dalam keunggulun bersaing.
B.
Fungsi-fungsi
dalam CRM
Adapun fungsi-fungsi dalam CRM adalah :
·
Mengidentifikasi faktor-faktor yang
penting bagi pelanggan.
·
Mengusung falsafah customer-oriented
(customer centric)
·
Mengadopsi pengukuran berdasarkan
sudut pandang pelanggan
·
Membangun proses ujung ke ujung
dalam melayani pelanggan
·
Menyediakan dukungan pelanggan yang
sempurna
·
Menangani keluhan/komplain pelanggan
·
encatat dan mengikuti semua aspek
dalam penjualan
·
Membuat informasi holistik tentang
informasi layanan dan penjualan dari pelanggan
C.
Permasalahan
Implementasi CRM
Naiknya pendapatan, kepuasan konsumen, dan lebih sedikitnya biaya operasi
adalah beberapa keuntungan dari teknologi pada sebuah perusahaan. Namun
implementasi akan turun drastis jika salah satu dari aspek ini diabaikan
- Perencanaan: Langkah awal akan bisa dengan mudah
gagal jika usaha untuk memilih dan meluncurkan perangkat lunak tidak
maksimal.
- Integrasi: Integrasi dengan kebutuhan konsumen
akan memenuhi kebutuhan yang amat penting, yaitu peningkatan proses
menyangkut klien/konsumen. Perusahaan yang memberi sedikit atau tidak ada
integrasi sama sekali dengan konsumen, akan membuat kepuasan konsumen
menurun secara drastis.
- Pemecahan Masalah:
menyingkirkan metode pemecahan masalah yang dipusatkan pada satu pihak.
Para ahli menyarakan perusahaan2 agar meningkatkan integrasi dengan
konsumen. Metode pemecahan masalah yang bersifat sentralis harus dibuang
demi berbagi informasi tentang pemasaran, penjualan, dan servis.
D. Manfaat CRM
Potensi manfaat bisnis dari manajemen
hubungan pelanggan sangat banyak. Contohnya, CRM memungkinkan sebuah perusahaan
untuk mengidentifikasi serta berfokus pada para pelanggan terbaik mereka, yaitu
mereka yang paling menguntungkan bagi perusahaan, agar mereka dapat
dipertahankan sebagi pelanggan seumur hidup untuk layanan yang lebih besar dan
menguntungkan. Manajemen hubungan pelanggan memungkinkan penyesuaian dan
personalisasi real-time atas berbagai produk dan jasa
berdasarkan pada keinginan, kebutuhan, kebiasaan membeli serta siklus hidup para
pelanggan. CRM juga dapat menelusuri saat ketika pelanggan menghubungi
perusahaan, darimana pun titik hubungannya. Sistem CRM juga memungkinkan
perusahaan untuk memberi pengalaman yang konsisten dan layanan serta dukungan
superior bagi pelanggan, di semua titik kontak yang dipilih oleh pelanggan.
Semua manfaat ini akan memberi nilai bisnis strategis bari perusahaan dan nilai
pelanggan yang besar bagi para pelanggannya.
E.
Proses CRM
CRM
adalah suatu proses interaktif yang mengubah data-data pelanggan ke dalam
kesetiaan pelanggan melalui beberapa kegiatan sebagai berikut:
1. Mengumpulkan
data pelanggan
2. Menganalisis
data pelanggan tersebut dan mengindentifikasi target pelanggan
3. Mengembangkan
program CRM
4. Menerapkan
program CRM
Di dalam CRM sendiri manajemen difokuskan
pada kepuasan pelanggan dalam hal ini adalah konsumen. Salah satu cara
memperhatikan kepuasan konsumen adalah dengan mengetahui perilaku konsumen.
Menurut Schiffman dan Kanuk, Perilaku
konsumen adalah perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari, membeli,
menggunakan, mengevaluasi, dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka
harapkan akan memuaska kebutuhan mereka. (Sumarwan : 2002).
Makasihhhhh
BalasHapusJual Skype For Business
BalasHapusJual Microsoft Dynamics CRM Online
Distributor Kaspersky
Software Pendidikan
How Lemeridian funding service grant me a loan!!!
BalasHapusHello everyone, I'm Lea Paige Matteo from Zurich Switzerland and want to use this medium to express gratitude to lemeridian funding service for fulfilling his promise by granting me a loan, I was stuck in a financial situation and needed to refinance and pay my bills as well as start up a Business. I tried seeking for loans from various loan firms both private and corporate organisations but never succeeded and most banks declined my credit request. But as God would have it, I was introduced by a friend named Lisa Rice to Le_meridian funding service and undergone the due process of obtaining a loan from the company, to my greatest surprise within 48hrs just like my friend Lisa, I was also granted a loan of $216,000.00 So my advise to everyone who desires a loan, "if you must contact any firm with reference to securing a loan online with low interest rate of 1.9% and better repayment plans/schedule, please contact Le_meridian funding service. Besides, he doesn't know that am doing this but due to the joy in me, I'm so happy and wish to let people know more about this great company whom truly give out loans, it is my prayer that GOD should bless them more as they put smiles on peoples faces. You can contact them via email on {lfdsloans@lemeridianfds.com Or lfdsloans@outlook.com} or Text through Whatsapp +1-989 394 3740.